Wisata di Jawa Barat (Karawang) – Pantai Tanjung Pakis

Indonesia adalah negara maritim yang terdiri dari gugusan pulau-pulau nan eksotis. Semua Indonesia miliki, menjadikan Indonesia sebagai negara tujuan pariwisata bagi turis dari berbagai negara. Kecantikan alam yang Indonesia miliki dipercantik dengan budaya masyarakat lokal yang ramah, dan masih menjunjung tinggi ketradisionalan daerahnya.

Seperti yang kita ketahui bahwa setiap destinasi kepariwisataan banyak berada di wilayah kabupaten, yang mayoritas masih menjadi satu daerah otonom yang masih terbelakang. Inilah yang bisa kita lihat dari wilayah Kabupate Karawang.

Kota Karawang sebuah kota yang terletak di daerah pantai utara Jawa Barat. Banyak yang mengetahui bahwa daerah Karawang merupakan kota industri yang banyak sekali berdiri pabrik-pabrik di sekitarnya. Walaupun kota ini padat akan industri, akan tetapi kamu jangan salah karena kota Karawang ini juga memiliki berbagai tempat wisata yang menarik dan wajib dikunjungi diakhir pekan sekaligus sebagai daerah alternatif kunjungan wisata diakhir pekan.

Pantai Tanjung Pakis adalah tempat wisata yang berada di Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Pantai ini berlokasi di Desa Tanjung Pakis atau berjarak sekitar 70 KM dari pusat Kabupaten Karawang. Saat menjelang liburan, wisatawan yang berkunjung ke Pantai Tanjung Pakis sangat banyak, karena memiliki keindahan pantai dan kedepan akan menjadi salah satu potensi wisata terbaik yang ada di Karawang.

Banyak sekali tempat wisata di Karawang yang disuguhkan mulai dari wisata sejarah, wisata alam ataupun taman rekreasi lainnya. Pantai Tanjung Pakis, adalah salah satu pantai yang terletak di Kabupaten Karawang Jawa Barat, Lokasi Pantai Tanjung Pakis berada di Kecamatan Pakisjaya, berjarak sekitar 68 Km dari pusat Kota Karawang, arah ke Utara, sekitar 22 Km dari area Situs Batujaya. Sama halnya pantai Utara Jawa lainnya, ombak Pantai Pakis tidak besar, dengan pasir kecoklatan yang lembut.

Di Pantai Pakis yang membentang sepanjang 7 Km ini pengunjung bisa menyewa perahu untuk menikmati panorama dari laut. Ada pula dermaga kayu, sarana outbound, banana boat, air bersih, warung makanan yang menawarkan bandeng bakar, penginapan, dan panggung hiburan. Meskipun dikabarkan sebagai pantai terindah di Karawang, namun belum ada angkutan umum untuk mencapai tempat ini.

Salah satu hal yang menarik dari pantai ini yaitu hamparan pasir putih yang terbentang luas di pinggiran pantai ini. Ombak yang tenang dan indah juga memperindah pemandangan pantai satu ini. Pada akhir pekan banyak pengunjung yang datang ke tempat ini untuk sekedar menghabiskan waktu bersama teman – teman atau keluarga. Untuk anda yang ingin berwisata kuliner, berbagai ikan bakar juga disajikan di pinggir pantai. Banyak warung makan di sekitar pesisir pantai yang bisa Kamu temui.

Pantai ini memiliki potensi wisata bahari yang menjanjikan. Ini bisa dilihat dari banyaknya wisatawan yang datang saat musim liburan. Apalagi, saat libur lebaran seperti beberapa waktu yang lalu. Pantai ini disesaki pengunjung dari dalam dan luar Karawang.

 

Jalur Transportasi dan Jalur Menuju Pantai Tanjung Pakis

Walaupun untuk berkunjung ke pantai Tanjung Pakis tidak tersedia angkotan umum. Namun siapa sangka minat wisatawan yang berkunjung ke pantai ini tak pernah berkurang. Kebanyakan pengunjung di Pantai Tanjung Pakis adalah keluarga yang menggunakan mobil ataupun menyewa mobil. Berbagai kawula muda yang ingin menikmati keindahan alam di sini dapat menggunakan sepeda motor bersama teman, sahabat ataupun orang tercintanya.

Untuk rute perjalanan menuju pantai Tanjung Pakis, kita ada beberapa alternatif jalan yang bisa kita gunkan. Alternative pertama adalah kita bisa melalui Kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi untuk anda wisatawan yang dari Cibitung. Dan alternatif kedua dengan melalui jalan underpass sebelum kita mengendarai mobil memasuki Tol Karawang Barat.

Untuk kita yang ingin cepat menikmati keindahan alam disini, bisa saja kita memilih jalur Bekasi, namun kondisi jalan yang sedikit menantang. Adapun rute yang dilalui adalah sebagai berikut:

Dari Kabupaten Bekasi menuju ke Masjid At-Taqwa yang merupakan ponpes dari KH.Noer Alie, lalu Babelan. Jika memilih jalan ini, maka kondisi jalan yang sedikt terjal dan berbatu. Sehingga saran kami, jangan melewati jalan ini ketika hujan. Jalur ini sangat cocok untuk kendaraan off road yang biasanya sangat cocok untuk truk pembawa bahan bakar mintak ( Pertamina ).

Dalam perjalanan menuju Pantai Tanjung Pakis, kita akan melewati berbagai hamparan sawah yang lengkap dengan berbagai pipa minyak, Selain itu terdapat jembatan kayu yang menjadi tempat untuk berfoto oleh kawula muda. Daerah ini adalah daerah Kali Cibe’el. Tak lama kita melanjutkan perjalanan, kita akan menemui perbatasan antara Kabupaten Bekasi – Karawang yang ditandai oleh sungai besar yang masyarakat setempat menyebutkan Muara Gembong. Muara Gembong memiliki aliran air yang cukup deras dan dingin.

Setelah sampai di Muara Gembong, kita harus menggunakan rakit untuk alat penyeberangan. Masyarakat setempat lebih sering menyebutnya sebagai dengan istilah eretan. Eretan adalah transportasi untuk menuju ke Kabupaten Karawang jika kita dari Kabupaten Bekasi Muara Gembong. Kita hanya perlu membayar dengan Rp 10.000 untuk sepeda motor dan Rp 30.000 untuk mobil. Selain itu di tambah Rp 2000 untuk setiap orang yang ada di dalam mobil.

Pantai tanjung Pakis bias kita tempuh dengan waktu kira-kira 1.5 jam jika kita dari Muara Gemong . Salah satu tanda jika kita sudah mencapai atau berada tak jauh dari Pantai Tanjung Pakis adalah ditandai dengan keberadaan tambak-tambak miliki nelayan yang ada di sekitar pantai ini.

Untuk tiket masuk Pantai Tanjung Pakis, kita hanya perlu membayar kira-kira Rp 25.000 untuk per orang. Biaya tersebut akan dikelola oleh pemerintah setempat untuk membangun berbagai fasilitas yang berada di kawasan pantai ini. Sebaiknya sebelum kita menikmati keindahan pantai ini, tak ada salahnya jika kita mampir ke warung-warung yang berada di sekitar pantai untuk makan berbagai hidangan laut dari berbagai jenis harga.

Biaya Hotel dan Penginapan di Pantai Tanjung Pakis

Jika kita berencana untuk menginap di Pantai Tanjungt Pakis, kita hanya perlu menyewa kamar dengan harga mulai  Rp 100.000 sampai Rp 700.000. Di hotel tersebut anda dapat menikmati berbagai fasilitas yang ada . Sehingga keesokan harinya, kita akan lebih puas lagi untuk menikmati suasan a pagi di pantai ini.

bagi yang kesulitan untuk mendapatkan info penginapan dan oleh – oleh ikan bandeng pakis bisa hubungi admin melalui komentar atau tlp 085730231567

Tambak Bandeng Terbesar di Jawa Barat

Tanjung pakir juga mempunyai ratusan hektar tambang yg di maksimalkan untuk membudidayakan ikat bandeng.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *