Telur Gulung Jajanan Kidz Jaman NoW – (Ada Resepnya),!

Siapa yang tak kangen jajanan ini? Telur digoreng dengan minyak panas dan digulung ini mengingatkan pada jajanan sekolah dulu. Apalagi disantap dengan saus sambal, makin mantap.

Tak hanya praktis, telur juga terkenal dengan kandungan zat gizinya. Dalam satu butir telur mengandung protein, kolin serta vitamin dan juga mineral yang sangat baik untuk pertumbuhan jaringan tubuh.

Booth jajanan telur yang ramai dikunjungi ini merupakan booth yang dibuat oleh Sunny Side Up. Berbeda dengan restorannya, dalam acara KTD ini, Sunny Side Up menyajikan aneka jajanan telur masa kecil. Mulai dari telur gulung original, sosis telur hingga telur dadar mini. Semuanya enak!

Untuk pembuatan telur gulung, telur ayam dikocok dengan tambahan bumbu seperti garam dan juga merica kemudian dituang dalam minyak goreng dengan menggunakan sendok dan langsung digulung dengan tusukan lidi atau bambu.

“Telurnya dikocok hingga berbuih dan dituang diatas minyak dan langsung digulung. Minyaknya juga jangan terlalu panas, kalo kepanasan susah digulung nanti” tutur salah satu penjual.

Sedangkan untuk sosis gulung, dibuat dengan cara sosis di goreng kemudian diberi sedikit telur dan digulung. Sedangkan telur dadar mini menggunakan cetakan bulat kecil yang digunakan untuk memasak telur.

Telurnya lembut dan beraroma gurih. Jika biasanya telur disajikan dengan saus merah, di sini telur gulungnya disajikan dengan saus asam manis yang berwarna oranye muda. Sayangnya, sambal asam manisnya terlalu cair sehingga kurang terasa mantap.

BAHAN – BAHAN TELUR GULUNG

  1. 2 butir telur ayam
  2. 1/2 sdm garam
  3. 1,5 sdt merica
  4. 50 ml air putih
  5. secukupnya saus pedas manis (bisa pakai saus sambal botolan)
  6. secukupnya tusuk sate
  7. secukupnya minyak goreng

LANGKAH – LANGKAH PEMBUATAN

  1. Pecahkan 2 telur ke dalam mangkuk, tambahkan garam dan merica, kocok hingga berbusa.
  2. Tambahkan kira-kira 50 ml air putih ke dalam campuran telur tadi, kocok lagi hingga rata.
  3. Panaskan minyak goreng di penggorengan hingga agak tinggi (seperti saat menggoreng deepfry) untuk menggoreng telur gulung ini membutuhkan banyak minyak. tunggu minyak hingga panas kira-kira 3-5 menit. lalu kecilkan api menuju sedang(jangan terlalu kecil)
  4. Tuang 3 sdm telur ke bagian tengah minyak. lalu dengan cepat ambil tusuk sate dan gulung telur menuju pinggir.
  5. Ulangi langkah hingga tusuk sate dan telur habis.
  6. Sajikan dengan saus pedas manis Atau mayones sesuai dengan selera anda.

Bisa juga yang mau mencoba usaha dengan modal kecil tapi keuntungan lumayan dengan menggeluti penjualan telur gulung.Apalagi kuliner ini akhir2 ini semakin booming karna banyak yang mengetahui dan mulai mengenal kuliner ini dengan tidak terbatas nya usia mere.semua merasa mudah sekali membuat ini padahal dalam kenyataan nya belum tentu semudah yang kita bayangkan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *