Resep Pecel Madiun Ala Chef Komarudin

Repot juga ya kalau menemukan sesuatu itu tidak langsung di daftarkan hak paten nya,,heheh , sebagai contoh ya makanan khas indonesia yang satu ini yaitu PECEL. kalau ngomongin kuliner di indonesia gak ada habisnya bener kan…contoh nya PECEL.hampir di seluruh wilayah indonesia mengenal yang nama nya PECEL hanya saja memang komposisinya kadang berbeda-beda.

Kalau sejarah mengenenai kuliner indonesia yang satu ini agak repot juga karna hampir di setiap daerah khusus nya jawa timur mempunyai variasi dalam mengelola kuliner yang satu ini sehingga tidak bisa di pastikan kalau PECEL ini khusus kuliner suatu daerah atau di sebut makanan KHAS suatu daerah.

Pecel atau pecal adalah makanan yang menggunakan bumbu sambal kacang sebagai bahan utamanya yang dicampur dengan aneka jenis sayuran. Makanan ini populer terutama di wilayah DI Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Asal kata dan daerah pecel belum diketahui secara pasti. Dalam bahasa Jawa, pecel dapat diartikan sebagai ‘tumbuk’ atau ‘dihancurkan dengan cara ditumbuk’. Ada kemungkinan makanan ini berasal dari Ponorogo, Jawa Timur, karena sambal kacang yang digunakan dalam campuran pecel mirip dengan bumbu sate Ponorogo. Makanan ini juga mirip dengan gado-gado yang dibedakan oleh campuran bahan dan tekstur bumbunya.

contoh singkat nya :

Variasi pecel menurut daerah

Malang
Pecel Malang menggunakan saos khas Jawa Timur memiliki cita rasa kuat dan juga pedas dengan tekstur bumbu kacang yang masih kasar. Biasanya nasi pecel Malang disajikan dengan nasi putih hangat ditambah dengan lauk tempe atau tahu serta rempeyek kacang dengan irisan daun jeruk.

Madiun

Bila dilihat dari penampilannya, Pecel Madiun ini hampir sama dengan sajian pecel pada umumnya. Namun yang membuat Pecel Madiun ini istimewa adalah penambahan jeruk purut pada bumbu kacangnya, sehingga memberikan aroma dan rasa yang sangat khas. Selain itu bila diperhatikan, sayuran pada Pecel Madiun ini lebih lengkap.
Pecel Madiun ini memiliki cita rasa yang khas, bumbu kacang pada pecel ini tidak terlalu encer serta memiliki rasa manis dan gurih yang sangat pas. Selain itu aroma jeruk purut dari bumbu kacang ini terasa halus sehingga membuat bumbu kacangnya terasa sedap.


Blitar

Sedikit berbeda dengan pecel khas Malang, tekstur bumbu kacang pecel Blitar lebih halus, sedikit lebih berminyak, dan bercita rasa manis dan gurih.adapun lauk nya di sesuaikan oleh permintaan.

Banyumas
Di wilayah Banyumas, pecel sering pula diberi taburan (sayuran) beraroma khas sehingga meningkatkan nafsu makan, antara lain: biji-biji lamtoro atau irisan bunga kecombrang yang telah dikukus.

Tegal
Nama pecel punya arti berbeda di daerah Slawi, Tegal, Jawa Tengah. Pecel tidak disajikan dalam bentuk sayur-sayuran, melainkan berbentuk rujak. Pecel versi daerah Slawi terdiri dari buah-buahan segar seperti jambu, nanas, pepaya, dan mangga serta disiram dengan saus gula merah kental.

Kediri
Pecel Kediri lebih unik lagi karena biasanya aroma kencurnya agak kurang namun rasa cabai merahnya mantap sehingga lebih manis, gurih, dan pedas. Di Kediri biasanya sambal pecelnya disandingkan dengan sambal tumpang yang terbuat dari cabai dan tempe bosok (tempe kemarin walaupun tidak benar-benar busuk), santan, serta laos yang direbus. Sambal Kacang MURNI Pekalongan Lampung Timur, adalah sambal pecel rasa khas Kediri. Karena resepnya langsung dari Kota Kediri Jawa Timur yang dibawa oleh Ibu Sudarti yang merantau ke Lampung sejak tahun 1940-an.

ada 3 komponen utama dam kuliner PECEL :

BUMBU PECEL

 

  • 150 gr kacang tanah digoreng
  • 4 siung bawang putih digoreng utuh
  • kencur secukupnya sesuai selera
  • rawit merah direbus Secukupnya  sesuai selera
  • 3 lbr daun jeruk
  • 125 gr gula merah
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt air asem
  • air Secukupnya sesuai keingin kekentalan bumbu

Adapun LAngkah – Langkah Pembuatanya sebagai berikut :

Seluruh bahan bumbu dihaluskan. Kacang tanah yang telah digoreng juga dihaluskan. Kemudian campurkan kacang tanah halus dengan bumbu halus, garam, gula merah dan air asam Jawa. Untuk memudahkan dalam mencampur, Anda tambahkan air matang hangat sedikit demi sedikit. Anda atur kekentalannya sesuai dengan selera. Sambal kacang untuk pecel Madiun telah siap.

SAYUR – SAYURAN

kalau sayur – sayuran juga menurut selera penikmat kuliner ini dan secara umum biasanya tersaji sayuran sebagai berikut :

  1. Kacang Panjang
  2. Tauge
  3. Kol
  4. Bayam
  5. Kemangi
  6. Pare
  7. timun

Rebus kacang panjang, Tauge, Bayam dan Pare.setelah itu potong semua bahan sayuran kecil-kecil sesuai selera.bahan di atas bisa ditambah dengan sayur yang penikmat inginkan apapun itu.

PELENGKAP

karna ini adalah termasuk kategori kuliner makanan berat biasanya dipadukan dengan pelengkap sebagai berikut :

  • Nasi / Lontong
  • Kerupuk Gendar/Peyek Kacang
  • Tahu/Tempe

 

PENYAJIANNYA

Atur/tata Nasi dan Atau Lontong di wadah saji.Lalu ditumpuk dan aau ditaburi sayuran sesuai selera barulah tuangkan sambal kacang secukupnya.Barulah berikan Kerupuk / Tahu Tempe.

SELAMAT MENCOBA…

HIDUP KULINER INDONESIA…

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *