Info Mudik : Bahaya “MICROSLEEP”

Sekedar mengingatkan bagi saudara2 yg akan mudik saat Lebaran nanti dgn berkendaraan sendiri.

“MICROSLEEP”

Pernah kah anda mengalami situasi di mana anda sedang berkendara tiba-tiba terlelap?
Hanya seketika.

Hanya beberapa detik.
Truk yang pada mulanya masih jauh jaraknya tiba tiba berada di depan mata.

MICROSLEEP adalah keadaan dimana badan ‘tidur’ sesaat. Segala input dari indera penglihatan dan pendengaran tidak dapat diproses otak. Durasi microsleep adalah antara 1 hingga 30 detik. Hal ini bisa terjadi walaupun mata masih terbuka. Seperti sebuah komputer, otak telah “shut down”.

Pada kecepatan 70km/j, microsleep selama 3 detik menyebabkan kenderaan menyusur tanpa kendali sejauh 200 meter. Dalam jarak 200 meter, nyawa bisa melayang dalam sekejap mata. Bayangkan apa yang terjadi apabila kenderaan berada pada kecepatan 100 km/j.

Seringkali pengemudi menganggap dia kebal.
“Kecelakaan hanya terjadi kepada orang lain. Aku pandai bawa mobil dan Kondisi mobil pun bagus.”

Keinginan untuk bersama keluarga tersayang yang terpisah buat sekian lama dijadikan motivasi untuk terus berkendara walaupun sudah terlalu mengantuk.

Ada juga yang berpendapat jika kenderaan dipacu kencang, akan mengantuk akan berkurang, akibat ada hormon ‘adrenaline’ yang meningkatkan upaya ‘fight or flight’. (Fight or flight adalah sitiuasi dimana badan bersedia untuk menghadapi keadaan yang memberhayakan diri: lawan atau lari ). Adapula sebahagian orang berpendapat jalan yang berliku seperti kelok 44 dianggap bisa menghilangkan rasa kantuk karena pengendara lebih fokus pada belokannya.

Dua fakta di atas hanya mengundang bahaya.

Kesan ‘fight or flight’ hanya seketika saja. Sistem badan akan ‘burn out’ dan akhirnya bisa menyebabkan microsleep yang lebih lama.

Jadi, apa yang harus dilakukan?

:small_red_triangle: BERHENTI.
:small_red_triangle: PARKIR MOBIL DI TEMPAT YANG AMAN
:small_red_triangle:TIDUR.

Tak perlu tidur lama. Lima menit cukup.
Ulang setiap kali anda mula berasa mengantuk. Berhenti beristirahat setiap dua jam untuk berkendara jarak jauh.

Untuk penumpang yg duduk disamping Pak Sopir, jadilah co-driver yang baik. Cuba lakukan beberapa hal ini:
1. Ajak pengendara berbincang, utk mengurangi rasa bosan.
2. Perhatikan cara berkendara. Jika sudah mulai tidak ikut mengikut lajur, tegur Pak Sopir..
3. Sekali sekali lihat instrumen di dashboard, Apakah berkendara terlalu cepat? Apakah ada lampu – lampu peringatan yang menyala? Jika ada, tegur.

Berhati hati di jalan raya

Jangan jadikan diri dan keluarga anda bahagian daripada statistik kecelakaan.

#salam safety first

Tips Jitu Mudik Lebaran (1) Menggunakan Kendaraan Pribadi

Nggak terasa bentar lagi udah mau lebaran dan sebagian besar kebiasaan orang Indonesia khususnya yang beragama muslim setelah menjalankan ibadah puasa di bulan suci Romadhon pada saat Idul Fitri mempunyai kebiasaan menyambung silaturahim alias pulang kampung ketemu dengan keluarga yang ada di rumah itu yang punya kampung halaman tapi kalau yang berasal dari kota-kota besar seperti Jakarta Surabaya Medan Bali atau kota-kota besar lainnya termasuk jambikota hehehe tidak bisa dibilang pulang kampung melainkan pulang kota ye ye ye namanya juga orang kota ya pulang kota dong kalau orang kampung berarti pulang kampung Tapi pada dasarnya Semuanya sama aja tujuannya sama kepentingan yang sama yaitu ingin bertemu dengan saudara keluarga besar dan itu semua merupakan momen-momen yang sangat dinantikan iya kan Coba pikir Kapan lagi bisa ngumpul kalau nggak di lebaran.

Dan biasanya kita sebut proses-proses itu semuanya secara umum disebut mudik Dan ini biasanya dilakukan oleh para perantau atau pekerja migran karena sudah berpisah dengan sanak saudaranya di momen Idul Fitri ingin menikmati kebersamaan kata mudik ini biasanya identik dengan perayaan hari raya umat muslim di Indonesia padahal sebenarnya plesetan yaitu mudik berasal dari bahasa Jawa yaitu mulih disik atau pulang sebentar ke kampung halaman kota atau negara asalnya kini mudik telah menjadi salah satu tradisi khas lebaran di Indonesia ada beragam cara pilihan agar bisa mudik baik itu secara pribadi maupun umum ataupun dilihat dari transportasi yang digunakan adalah udara darat yang semuanya itu menyuguhkan kita untuk semakin mudah dalam kebiasaan mudik Dan oleh sebab itu dianjurkan Bagi temen-temen yang mau mudik supaya jauh-jauh hari untuk memilih transportasi umumnya untuk apa Yo salah satunya mengantisipasi kenaikan harga tiket kendaraan umum seperti kereta api bus pesawat terbang atau kapal laut karena pada umumnya penyelenggara transportasi umum seperti itu juga menggunakan momen ini untuk melambungkan harga tiket yang harganya bisa sangat luar biasa dibandingkan dengan hari-hari biasa sehingga tidak heran juga kalau banyak orang-orang yang memilih mudik menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil pribadi sepeda motor atau bahkan kendaraan roda tiga tujuannya agar bisa menekan ongkos transportasi sebenarnya masing-masing memilih memiliki nilai plus ataupun resiko masing-masing ada pemikiran secara umum mengatakan mudik dengan kendaraan pribadi memiliki resiko yang lebih tinggi ketimbang dengan mudik menggunakan kendaraan umum resiko mulai dari Macet di jalan tidak bisa diprediksi rute jalan yang tidak hafal kadang-kadang bisa buat nyasar juga lo Apalagi dilihat dari segi keselamatan jiwa lalu apa dong strateginya agar bisa mudik dengan kendaraan pribadi tapi berjalan dengan lancar aman dan selamat sampai tujuan Oleh sebab itu untuk tulisan kali ini penulis sedikit membagikan tips agar anda bisa mudik menggunakan kendaraan pribadi tapi bisa lancar aman selamat sampai tujuan.

  1. PERIKSA KONDISI KENDARAAN kadang-kadang sebagian orang juga menyepelekan untuk memeriksa kendaraannya padahal hal ini merupakan persiapan yang paling utama paling penting yang harus dilakukan oleh para pemudik agar hal-hal yang tidak diinginkan berjalan dengan baik Bagaimana caranya yaitu jika anda mempunyai keahlian sebagai mekanik sendiri boleh dicek sendiri diperiksa atau kalau memang tidak mempunyai keahlian tersebut kita ambil jalan singkatnya aja ya itu dibawa ke dokter eh salah maksudnya dokter mesin alias bengkel karena di situ lebih detail lagi untuk pemeriksaan atau service kendaraan yang akan digunakan untuk perjalanan jauh Tinggal pesan aja sama montirnya bahwa ini mau digunakan untuk pulang kampung.

  2. HINDARI MEMBAWA MUATAN MELEBIHI KAPASITAS KENDARAAN YANG ADA ini dilihat dari segi keselamatan dan kenyamanan ketika mudik jangan mentang-mentang mudik terus mengabaikan keselamatan dan kenyamanan sebaiknya dihindari mengangkut beban atau orang yang melebihi kapasitas karena setiap kendaraan itu sudah di desain untuk mengangkut beban ataupun orang sesuai dengan kapasitasnya masing-masing kalau ini dilanggar berpotensi pada keselamatan semua penumpang contoh sepeda motor kapasitas normalnya sepeda motor ini dinaiki oleh dua orang penumpang jika para pemudik memiliki seorang anak kecil berusia dibawah 7 tahun masih diperbolehkan tapi kalau sudah lebih dari itu sebaiknya dipikir-pikir lagi deh kalau misalnya mau mudik menggunakan kendaraan bermotor belum lagi nanti bawaannya di depan ada di samping ada di kiri ada belakang ada belum lagi penumpang belakang bawa tas dan lain-lain.

  3. BAWALAH UANG TUNAI  Kenapa harus membawa uang tunai yang cukup karena Selama perjalanan menuju kampung halaman tidak selalu ada mesin ATM tidak semua toko bisa dibayar dengan kartu kredit ataupun kartu debit sehingga uang tunai itu sangat dibutuhkan bahkan bisa disebut sebuah keharusan tapi juga jangan berlebihan sebaiknya sebelum mudik lakukan perhitungan kasar dulu kira-kira Berapa uang yang kita butuhkan selama di perjalanan boleh dirinci agar terlihat kisaran biaya yang diperlukan mulai dari pengeluaran yang besar sampai yang kecil sekalipun seperti biaya parkir biaya buang air kecil di WC umum ya kira-kira bayangin aja deh kalau kamu sedang di perjalanan macet kelaparan tidak ada makanan hanya ada pedagang keliling aja di jalan nggak mungkin kan bayar mereka menggunakan kredit atau debit sehingga uang tunai itu juga penting pada saat mudik.

  4. BAWALAH MAKANAN DAN MINUMAN yang cukup karena kita nggak tahu keadaan di jalan bisa jadi macet saat mudik Dan itu di mana aja bisa pas di keramaian juga bisa di tempat sepi seperti di dalam tol atau jalan-jalan kecil alternatif jalur mudik makanya makanan dan minuman juga penting karena pada saat di kendaraan lagi macet kan kadang stress juga berpotensi haus lapar bahkan menyebabkan kehilangan konsentrasi saat menyetir hindarilah mengendarai kendaraan jarak jauh dalam kondisi lapar sebaiknya makan terlebih dahulu lalu melanjutkan kembali perjalanan Anda Oleh sebab itu penting untuk menyediakan makanan ringan seperti buah-buahan roti snack snack favorit dan minum minuman kesukaan anda

  5. AKTIFKAN GPS ATAU MEMBAWA PETA khususnya bagi para pemudik yang tidak hafal jalan masih meraba-raba masih coba-coba baru pulang kampung atau Lupa Lupa Ingat Atau bisa mencari jalan alternatif menghindari kemacetan Oleh sebab itu coba gunakan aplikasi yang ada di Smartphone Anda seperti GPS atau Google Map atau membawa peta kasar terlebih lagi kalau menggunakan smartphone pastikan baterainya mencukupi Oleh sebab itu bawa juga power bank di perjalanan Hal ini penting jangan sampai waktu anda habis hanya karena muter-muter di jalan atau nyasar Itulah salah satu guna membawa peta atau GPS kadang kita juga kan karena kondisi waktu mungkin malam atau keadaan hujan mau bertanya kepada seseorang sulit maka bisa tanya sama Mbah Google Google Map ingat pepatah Malu bertanya jalan-jalan.

  6. PATUHI LALU LINTAS jangan sampai temen-temen pemudik gara-gara mau cepat sampai kampung halaman sehingga tidak terkontrol pengennya tancap gas kecepatan tinggi alias ngebut-ngebutan di jalan ingat ya ini beresiko negatif untuk keselamatan Anda apa lagi pengemudi motor jangan lupa juga gunakan helm standar SNI dan selalu nyalakan lampu kendaraan bermotor roda dua sebaiknya patuhilah rambu-rambu lalu lintas yang ada dan Berjalanlah sesuai dengan kecepatan normal nggak usah ngebut-ngebut and salip salipan kanan kiri terobos lalu lintas yang bisa berujung kecelakaan ingat ini bisa merugikan keselamatan anda dan keluarga atau pengendara lain jangan sampai mau pulang kampung tujuannya baik niatnya baik malah menjadi kerugian.

  7.  alias terakhir ISTIRAHATLAH SAAT LELAH Inget ya perjalanan pulang kampung itu jauh kadang juga macet sehingga membuat pengemudi capek lelah penat kalau udah seperti itu jangan dipaksain jangan sampai memaksa diri untuk nyetir terus padahal kita udah lelah ya paling nggak Istirahatlah sebentar di tempat peristirahatan terdekat sambil ngisi bensin sambil ke kamar mandi atau di tenda-tenda peristirahatan lainnya kalau udah Fit kalau udah nggak lelah lagi udah fresh badan juga udah enakan baru deh lanjutin nyetir kita harus punya prinsip berkendara yang aman nyaman itu sebagai hal pertimbangan yang sangat sangat penting ” UTAMAKAN KESELAMATAN “.
  8. Obat-Obatan

Jangan lupa juga bawa obat-obatan umum karena tidak tahu kondisi di jalan sehingga harus ada obat-obatan standar yang dibutuhkan oleh anggota pemudi kita terutama anak-anak

  1. Waktu Berangkat

WAktu berangkat juga penting karena sedikit banyak mempengaruhi kendaraan kita kondisi kita dan bahkan lingkungan kita maka sesuaikanlah waktu berangkat kita agar semuanya bisa terkondisi dengan baik sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan Pada saat perjalanan

  1. Packing Barang/ Muatan Dengan Benar

Urutkan barang/ muatan berdasarkan tingkat kebutuhan. Yang memiliki kemungkinan sangat besar dibutuhkan saat dalam perjalanan diletakkan di tempat atau posisi yang paling mudah dikeluarkan. Supaya tidak perlu bongkar muat tiap kali butuh sesuatu.

Wisata Di Jambi – Taman Rimbo Zoo (Airport Zoo)

Kota Jambi barangkali satu-satunya tempat yang memiliki kebun binatang berdampingan dengan bandara.Begitu dekatnya, taman satwa ini sempat disebut-sebut sebagai airport zoo, meski akhirnya sebutan tersebut tidak digunakan oleh pihak UPTD.Lucu juga ya..hehe

 

Kebun Binatang Taman Rimbo Jambi
Sejak tahun 1973, awal berdirinya Kebun Binatang Jambi secara organisasi berada dibawah Yayasan Kesejahteraan Anak (YKA), dalam hal ini Kebun Binatang dan Yayasan Kesejahteraan Anak masih berbaur menjadi satu. Adapun pengelolaan dan penanganan kesehatan satwa berada dibawah Dinas Peternakan Propinsi Jambi, sedangkan dana operasional diperoleh dari Pemerintah Daerah Propinsi Jambi.
Kebun Binatang Taman Rimbo Jambi dengan luas + 4 ha dihuni jenis satwa mamalia 6 spesies 13 spesimen, aves 16 spesies 48 spesimen, reptile 5 spesies 14 spesimen dan invertrebrata 4 spesies 11 spesimen. Kini sejak 2011 status pengelolaannya menjadi UPTD dibawah Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jambi.

Kebun Binatang Taman Rimbo Jambi
Jl. Cendrawasih I, Pal Merah, JAMBI 36139
(Jl. Ki Bajuri RT.04 No.94, Kel. Talang Bakung, Kec. Jambi Selatan, Jambi)
Telp. / Fax             : (0741) 570 319
E-mail                   : tamanrimba@rocketmail.com
Berdiri                   : 1973
Luas                     : 2,6 ha
Status                   :   Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jambi
Izin LK                   :
Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jambi
Jl. Kapt. A. Bakaruddin No. 188, Jambi 36129
Telp.                     : (0741) 63417
Fax                       : (0741) 64585

Di tempat ini pengunjung bisa menyaksikan tingkah dua harimau sumatera yang sering menghabiskan waktu untuk bermain di kandang terbuka.

Pengunjung juga bisa berinteraksi langsung dengan beberapa satwa semisal gajah dan kuda.

Untuk masuk di Taman Rimbo, pengunjung dewasa cukup membayar Rp 7000 saja.

Sedangkan anak-anak hanya dikenai tiket masuk Rp 5000.

Seiring perluasan area bandara Sultan Thaha, sempat terbesit kekhawatiran bahwa taman satwa ini akan tergusur.

 

Sejarah PKBSI
Indonesia merupakan salah satu negara “Mega Biodiversity” yang memiliki keanekaragaman sumber daya alam hayati yang sangat melimpah. Namun pada kenyataannya jumlah sumber daya alam tersebut menurun dengan tajam akibat kerusakan habitat alami, terutama oleh eksploitasi secara tak terkendali dan bencana alam. Banyak jenis satwa menjadi terancam dan bahkan berada diambang pintu kepunahan; sehingga peran serta dari lembaga konservasi ex-situ, seperti taman satwa semakin penting menjadi andalan dalam upaya konservasi.
Taman satwa secara evolusi mengalami perubahan dari bentuk “menagerie” untuk melayani kesenangan pribadi ke “Zoological Park” atau ‘Living Museum’ menjadi “Conservation Centre” yang lebih berperan sebagai “Environmental Resource Centre”. Sebagai konsekuensinya taman satwa harus menempatkan dirinya sebagai pusat konservasi. Konservasi sebagai tema sentral dari setiap taman satwa.
SEJARAH PKBSI
Perhimpunan Kebun Binatang Se-Indonesia (PKBSI) merupakan organisasi profesi yang bersifat nirlaba (non-profit) yang resmi didirikan pada tanggal 5 Nopember 1969 di Jakarta oleh para tokoh kebun binatang di Indonesia, antara lain Bp. Harsono Radjak Mangunsudarso (alm); Bp. H.M. Kamil Oesman (alm); Bp. Th. E.W. Umboh (alm); Bp. Boesono dari Kebun Binatang Yogyakarta; Bp. M.S. Datuk Permato Diradjo dari Kebun Binatang Bukittinggi dan Bp. Hilmi Oesman (alm) dari Kebun Binatang Surabaya.
Awalnya pada tahun 1958 di Tawangmangu, Jawa Tengah – para pimpinan kebun binatang seluruh Indonesia mengadakan pertemuan untuk membahas dan wacana membentuk sebuah wadah / organisasi, namun tidak berkembang sebagaimana diharapkan. Didorong oleh kesadaran akan pentingnya peranan kebun binatang, maka para pimpinan kebun binatang seluruh Indonesia mengadakan musyawarah kembali untuk yang kedua kalinya dan diselenggarakan pada tanggal 3 s/d 5 Nopember 1969 bertempat di Balai Pertemuan Kantor Gubernur DKI Jakarta dihadiri oleh 40 peserta utusan dari kebun binatang, pemerintah daerah maupun lembaga-lembaga penelitian dan perguruan tinggi. Musyawarah berhasil membentuk suatu wadah bersama yang diberi nama “Perhimpunan Kebun-Kebun Binatang Indonesia” yang disingkat dengan PKBI.
Selang tak berapa lama, singkatan PKBI mendapat protes dari pengurus Perhimpunan Keluarga Berencana Indonesia yang telah lebih dahulu menggunakan singkatan PKBI. Terkait dengan hal tersebut para pengurus mengadakan pertemuan yang kemudian dapat disetujui / disepakati bahwa nama “Perhimpunan Kebun-Kebun Binatang Indonesia” yang disingkat dengan PKBI menjadi “Perhimpunan Kebun Binatang Se Indonesia” dengan singkatan PKBSI hingga sekarang dengan Akte Pendiran nomor 3 tanggal 13 September 2005 dihadapan Notaris Sri Hastuti, SH di Jakarta.
Sejalan dengan berkembangnya waktu, PKBSI yang sejak berdirinya berkantor / sekretariat berindah-pindah, semula di Jl. Teuku Umar No. 35 Jakarta Pusat (kediaman alm. Bapak H. Kamil Oesman) kemudian pindah dikediaman alm. Bapak Harsono RM, Jl. Minangkabau No. 1 Jakarta Selatan dan setelah itu berkantor di Kebun Binatang Ragunan. Selanjutnya pada pengurusan PKBSI dengan Ketua Umumnya Bapak D. Ashari, pada waktu itu mengajukan permohonan bantuan sebuah tempat atau gedung untuk sekretariat PKBSI kepada Gubernur KDKI Jakarta, dan Bapak Gubernur berkenan memberikannya yang berlokasi di Jl. Harsono RM. No. 10 Jakarata Selatan dan diresmikan penggunaanya pada tanggal 28 Agustus 1987 sampai sekarang.
Telah beberapa kali PKBSI melaksanakan Musyawarah Nasional dengan memilih Ketua Umum selaku pananggungjawab untuk menjalankan roda organisasi. Adapun Ketua Umum yang pertama adalah Bapak Harsono Radjak Mangunsudarso (alm) periode tahun 1969–1984; Ketua Umum yang kedua Bapak Letjen TNI (Purn.) D. Ashari(tahun 1984–1995); dan Ketua Umum yang ketiga adalah Bapak Ir. H. Lukito Daryadi, MSc (alm.) periode 1995–2005. Untuk mengisi kekosongan Ketua Umum yang ditinggalkan oleh alm. Bapak Ir. H. Lukito Daryadi, MSc yang wafat pada tanggal 6 Nopember 2004, maka dalam keputusan Rapat Koordinasi PKBSI tanggal 13-14 Desember 2004 bahwa untuk menjalankan tugas Ketua Umum dipercayakan kepada Bapak Ir. H. Dwiatmo Siswomartono, MSc hingga pelaksanaan MUNAS KE-10.
Pada pelaksanaan MUNAS PKBSI ke-X dengan tuan rumah Kebun Binatang Surabaya yang diselenggarakan pada tanggal 18-20 September 2005 di Surabaya terpilih sebagai Ketua Umum PKBSI yang keempat adalah Bapak DR. H. Rahmat Shah (Taman Hewan Pematangsiantar). Dalam Munas tersebut juga diputuskan untuk mengganti logo PKBSI yang kemudian disahkan pada Rakornas PKBSI tanggal 22-24 Nopember 2006 di Taman Safari Indonesia, Cisarua, Bogor.
MUNAS PKBSI ke XI pada tahun 2009 yang diselenggarakan di Jakarta Bapak DR. H. Rahmat Shah terpilih kembali untuk kedua kalinya, dan untuk yang ketiga kalinya pada MUNAS ke XII atas dukungan dari Anggota mengingat masih banyak pekerjaan dan tugas berat yang harus diemban PKBSI maka Bapak DR. H. Rahmat Shah secara aklamasi terpilih kembali untuk melanjutkan masa bhaktinya untuk lima tahun kedepan.
Pada MUNAS PKBSI ke XII yang diselenggarakan di Medan pada tahun 2013, menghasilkan kesepakatan antara lain  perubahan nama PD/PRT menjadi  AD/ART dan penyempurnaannya agar disesuaikan dengan perkembangan jaman dan menjadikan PKBSI sebagai organisasi yang mandiri dan profesional.


FALSAFAH
            Tuhan Yang Maha Esa dan Maha Pengasih – Penyayang telah memberikan karunia berbagai jenis keaneka-ragaman hayati yang berlimpah, sehingga pada hakekatnya dengan keberadaan kebun binatang / taman satwa, maka manusia telah mengemban Amanat Allah s.w.t. untuk memanfaatkan dan melestarikan keaneka-ragaman satwa dan tumbuhan bagi generasi mendatang.
LAMBANG
  • Lambang atau logo PKBSI dalam bentuk lingkaran, diartikan sebagai perhimpunan yang membina dan memberikan pengayoman kepada anggotanya.
  • Gambar siluet berbentu kepala burung rangkok, kepala gajah dan seekor ikan, diartikan satwa yang mewakili matra dirgantara, matra darat dan mitra mina.
  • Warna hijau dan biru, diartikan memberikan kesejahteraan satwa agar lestari.
 
MAKSUD DAN TUJUAN ORGANISASI
  • Mewujudkan pelestarian dan kesejahteraan satwa di dalam taman satwa bagi kesejahteraan masyarakat Indonesia lahir batin di masa sekarang dan yang akan datang.
  • Mewujudkan pengelolaan kebun binatang / taman satwa secara profesional dalam kegiatan konservasi, pengembangbiakan, penelitian serta pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam usaha perlindungan dan pelestarian alam, melalui penggalangan sumber daya masyarakat dan kemitraan kerja yang sederajat dengan Pemerintah.
 VISI
            Menggalang keterpaduan gerak para anggota dalam upaya pembinaan, pengembangan dan peningkatan profesionalisme perkebun-binatangan di Indonesia.
MISI
  • Sebagai organisasi yang mewakili profesi perkebun-binatangan di Indonesia.
  • Sebagai wadah kerjasama para anggota dalam menyelenggarakan fungsi / tugas yang bersifat konsultatif, informatif, komunikatif, koordinatif dan profesional.
  • Sebagai wadah kerjasama kebun binatang / taman satwa yang ada di Indonesia dengan badan pemerintah, lembaga-lembaga swadaya masyarakat tingkat nasional maupun internasional dalam usaha mencapai tujuan.
  • Meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap keanekaragaman hayati melalui pendidikan konservasi dan kemitraan dengan para pencinta satwa.
  • Mendukung usaha reintroduksi jenis-jenis satwa hasil pengembangbiakan melalui program-program konservasi “ex-situ” dan “in-situ link”.
 
STATUS ORGANISASI
  • PKBSI merupakan organisasi nirlaba (non profit) yang didirikan di Jakarta pada tanggal 5 Nopember 1969 atas prakarsa dan kesepakatan bersama para pimpinan kebun binatang dan para penyayang binatang di Indonesia.
  • PKBSI adalah organisasi profesi dan merupakan satu-satunya organisasi perhimpunan perkebun-binatangan di Indonesia, yang merupakan mitra kerja yang sejajar dengan Pemerintah baik di Pusat maupun di Daerah.